Minggu, 01 November 2009

Masalah Dalam Sistem Pembayaran Online

PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN ONLINE
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang masalah
Dewasa ini, teknologi internet semakin berkembang pesat. Perkembangan tersebut dapat kita lihat dengan semakin banyaknya user yang menggunakan fasilitas internet tidak hanya untuk mendapatkan berita-berita terbaru, informasi yang dibutuhkan dan untuk berhubungan dengan orang lain di dunia maya tetapi internet juga digunakan sebagai media perdagangan antara perusahaan maupun badan usaha dengan konsumennya. Perdagangan diatas teknologi internet atau E-Commerce (Electronic Commerce) memberikan peluang pasar yang sangat besar. Hal ini sangatlah sayang jika dilewatkan. Terutama bagi perusahaan atau badan usaha yang memiliki keinginan untuk memasarkan (menjual) produknya secara global, tidak hanya dalam satu wilayah tertentu. Transaksi yang masih dilakukan secara manual yaitu dilakukan melalui telepon atau datang langsung ke toko yang telah ditunjuk, tentunya cara ini cukup menghambat pembeli/konsumen yang berada di luar negeri. Menjual produk secara on-line akan mendatangkan laba yang lebih besar dibandingkan menjual produk menggunakan metode/cara biasa seperti melalui telepon, fax ataupun langsung datang ke lokasi penjualan.
1.2. Identifikasi masalah
Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan menurut paper yang telah saya kaji, telah di paparkan bahwa sistem manual memiliki kekurangan seperti lambannya dalam pembuatan laporan, menghambat konsumen dalam pemesanan barang, sehingga sistem manual ini tidak efektif dan efisien dalam menunjang kinerja perusahaan.
1.3. Batasan masalah
Mengingat luasnya cakupan bahasan penjualan, maka penulis akan membuat batasan terhadap masalah tersebut agar penulisan ini terfokus pada masalah yang diangkat menjadi judul paper ini. Karena alasan tersebut diatas maka penulis membatasi penulisan paper ini hanya pada pemakaian aplikasi web site toko on-line oleh user, yang meliputi halaman pilihan kategori produk, halaman katalog produk, halaman check-out (pembayaran), halaman registrasi anggota, layanan informasi, dan pembuatan laporan oleh admin.
1.4. Tujuan
1. Merancang program aplikasi berbasis web (situs) yang bersifat user friendly bagi segala tingkatan pengguna internet.
2. Memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat melakukan transaksi jual-beli secara on-line dengan internet.
3. Menampilkan berbagai jenis produk dan harga dalam bentuk katalog yang akan memberi gambaran tentang produk secara dekat.
4. Memperluas jangkauan distribusi produk ke berbagai negara di belahan dunia manapun.
5. Menambah media layanan penjualan yang akan memudahkan pelanggan/pembeli ketika memesan barang.
1.5. Metode penulisan
Library Research/Kepustakaan, yaitu dengan melakukan studi pustaka terhadap literatur-literatur yang berkaitan.
1.6. Sistematika penulisan
Sistematika penulisan adalah sebagai berikut :
1. BAB I PENDAHULUAN
2. BAB II TINJAUAN TEORITIS
3. BAB III PERANCANGAN SISTEM
4. BAB IV PENGUJIAN
5. BAB V PENUTUP
6. BAB VI DAFTAR PUSTAKA
BAB II
TINJAUAN TEORITIS
2.1. E-Commerce atau penjualan online
Penjualan merupakan salah satu kegiatan dalam suatu perusahaan, pendapatan perusahaan berasal dari hasil penjualan tersebut. E-Commerce atau penjualan online menggambarkan suatu varietas luas dari perangkat lunak atau sistem computer elektronik, seperti pengiriman pesanan pembelian kepada pemasok melalui Electronic Data Interchange (EDI).
Situs web E-Commerce adalah situs yang menangani pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet. Situs E-Commerce terdiri dari empat macam :
1. B2B (Business to Business) yaitu situs web E-Commerce yang melakukan kegiatan bisnis antar pelaku kegiatan bisnis.
2. B2C (Business to Customer) yaitu situs web E-Commerce yang melakukan kegiatan bisnis langsung dengan konsumen.
3. B2G (Business to Goverment) yaitu situs web E-Commerce yang melakukan kegiatan bisnis dengan pemerintahan.
4. C2C (Customer to Customer) yaitu situs web E-Commerce yang melakukan kegiatan bisnis antar konsumen.
Keamanan dalam e-commerce terdiri dari :
1. Menggunakan firewall melalui router, untuk melindungi komputer dari jaringan privasi yang terkoneksi pada internet.
2. Menggunakan password untuk menghindari penyalah gunaan hak akses.
3. Memisahkan website dengan data perusahaan dengan cara membuat halaman khusus untuk perusahaan.
Fungsi website e-commerce bagi suatu perusahaan, yaitu :
1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3. Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer elektronik atau pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
2.2. MySQL
MySQL (My Structured Query Language) adalah sebuah pembuatan database yang bersifat opensource, artinya setiap orang dapat menggunakannya. Keunggulan dari MySQL, yaitu :
1. Cepat, MySQL dikembangkan dengan konsep database yang berkecepatan tinggi dalam penyajian data.
2. Tidak mahal, dapat di-download dengan gratis.
3. Mudah digunakan, dapat berinteraksi dengan menggunakan perintah SQL yang sederhana.
4. Berjalan pada berbagai sistem operasi.
5. Dukungan situs banyak tersedia
2.3. Web
Website yang disebut juga dengan web atau homepage adalah lokasi atau alamat dalam internet, website terdiri dari file – file yang tersimpan dalam berbagai komputer yang disebut server, untuk memanggil server tersebut dibutuhkan perangkat lunak yang disebut dengan browser. Prinsip desain web terdiri dari kualitas atau karakteristik bawaan dalam berbagai bentuk seni, seperti keseimbangan, keserasihan, kontras, konsistensi, variasi, ruang kosong dan gerak, yang kemudian menghasilkan desain yang mudah dibaca dan cepat dimengerti oleh pengguna.
2.4 Pemasaran Online
Pemasaran online atau pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. Salah satu saluran pemasaran langsung ialah penjualan online.
2.5. Internet
Internet merupakan suatu media informasi yang berjalan dalam suatu komputer. Akan tetapi, tidak semua komputer yang ada dapat berhubungan karena suatu komputer dapat dikatakan sebagai Internet jika telah terhubung dengan suatu jaringan.
2.6. Sistem
kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan
tertentu.
2.7. Informasi
data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi == input – proses – output.
2.8. Data
merupakan raw material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung pada nilai gunanya bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya.
2.9. Basis data (data base)
Pengertian basis data (database) adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya
2.10. Komputer server
Komputer server merupakan komputer pusat yang digunakan sebagai pengendali seluruh aktifitas komputer yang terhubung dengan server. Server juga digunakan untuk pusat penyimpanan data, tempat web server, database server, dan lainnya. Server dapat berupa PC biasa, PC dirancang untuk server atau berupa komputer mainframe.
2.11. Penjualan
Proses, pembuatan, cara menjual
2.12. Pemesanan
Proses, pembuatan, cara memesan
2.13. On-line sistem
Sistem on-line adalah sistem yang menerima langsung input pada area dimana input tersebut direkam dan menghasilkan output yang dapat berupa hasil komputasi pada area dimana mereka dibutuhkan. Area sendiri dapat dipisah-pisah dalam skala, misalnya ratusan kilometer. Biasanya digunakan bagi reservasi angkutan udara, reservasi kereta api, perbankan dll.
BAB III
PERANCANGAN SISTEM

Tahap perencanaan sistem merupakan tahap paling awal yang dilakukan dalam pengembangan sistem. Untuk mendapatkan sistem yang baik diperlukan perencanaan yang baik pula. Pemakaian sistem lama yang masih manual mengakibatkan penyampaian data dan informasi kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuat suatu sistem informasi baru yang berbasiskan komputer, sehingga dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat menyampaikan informasi mengenai produk-produk yang tersedia, pemesanan secara online, dan dapat menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan oleh pelanggan sehingga tercipta efisiensi dan keefektifan.
3.1. Analisis sistem
Sistem yang baru ini dirancang untuk memperbaiki kekurangan sistem yang sedang berjalan. Berikut ini merupakan deskripsi sistem yang berjalan saat ini. Sistem yang sedang berjalan masih menggunakan sistem manual yaitu Pelanggan memesan produk melalui telepon maupun datang ke perusahaan, kemudian administrasi mengecek produk ke gudang. Gudang memberikan konfirmasi, jika produk tersedia maka dilanjutkan ke proses pembayaran, dan jika produk tidak tersedia maka administrasi menolak pesanan tersebut. Administrasi membuat tanda pembayaran dan surat jalan yang diserahkan kepada sales untuk diantarkan kepada pelanggan. Sales menerima uang dan tanda terima dari pelanggan kemudian diserahkan kepada administrasi. Administrasi akan mengecek pembayaran, pembayaran hanya dilakukan secara tunai. Setelah itu admin akan membuat laporan keuangan yang akan diserahkan kepada manager.
3.2. Desain sistem
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dirancang sebuah sistem baru yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produk dan meningkatkan angka penjualan. Berikut merupakan deskripsi sistem yang dirancang :
Gudang menerima produk dan membuat laporan stok barang. Gudang memberikan daftar produk yang akan dipasarkan pada website. Admin meng-input data produk yang tersedia berdasarkan merk dan grup produk kemudian disimpan dalam data store produk, data store merk dan grup produk, yang dilakukan pada modul Product. Admin meng-input berita yang di simpan dalam data store berita. Admin mengecek kontak dari pelanggan dan menjawab pertanyaan dari pelanggan yang kemudian akan dikirim lewat e-mail. Rancangan pada user yaitu pelanggan mengunjungi halaman utama yaitu home, dimana terdapat login user untuk pelanggan yang telah menjadi anggota, News, search untuk pencarian produk berdasarkan kata kunci yang dapat dilakukan oleh anggota dan pelanggan. Pelanggan yang belum menjadi anggota, dapat mendaftarkan diri pada Register dengan meng-input biodata diri yang akan tersimpan pada data store anggota. Anggota dapat meng-edit biodata diri pada Edit Profile dan memilih produk yang diinginkan pada shopping cart. Setelah anggota meng-input pesanan maka akan ditampilan detil pesanan beserta ID pembayaran pada transaction. Apabila dalam tiga hari anggota tidak melakukan konfirmasi, maka pesanan tersebut akan dibatalkan oleh sistem. Pembayaran dilakukan manual oleh anggota yaitu mentransfer ke rekening perusahaan yang tertera pada kolom pembayaran. Setelah anggota mentransfer uang, anggota harus mengkonfirmasikan kembali dengan memasukkan ID pembayaran yang telah diberikan, dan memasukkan total dan tanggal yang di bayar maka status pesanan anggota tersebut akan berubah menjadi konfirmasi. Selanjutnya admin melakukan pengecekan pembayaran dari anggota lewat pengiriman dari bank. Apabila pembayaran dari anggota telah masuk ke dalam rekening perusahaan maka admin meng-input total harga yang di terima dan tanggal terima pembayaran dari anggota, berarti pesanan tersebut telah disetujui kemudian status pesanan anggota akan menjadi lunas. Apabila pesanan pelanggan telah dikirim maka admin meng-input pesanan pelanggan menjadi kirim. Bukti pembayaran yang telah lunas akan dikirimkan lewat e-mail pelanggan. Admin mencetak daftar pesanan yang telah dikonfirmasikan atau yang telah disetujui dan diserahkan kepada gudang untuk dilakukan proses pengiriman barang dan membuat laporan penjualan yang diserahkan pada manager. Anggota dapat mengembalikan produk yang dikirim dengan alasan tertentu, pengembalian produk dengan cara menghubungi perusahaan, admin meng-input data retur dan kemudian diproses kembali.
BAB IV
PENGUJIAN
Pengujian perancangan sistem penjualan online dilakukan dengan memastikan bahwa program dapat berfungsi dengan baik dan hasil yang diperoleh sesuai dengan konsep dasar rancangan yang dibuat. Pengujian ini juga dilakukan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dapat diperbaiki sebelum diimplementasikan. Metode yang dapat digunakan dalam tahap pengujian adalah white-box testing dan black-box testing. Pada metode white-box testing, pengujian dilakukan pada setiap baris kode program untuk mengetahui apakah masih terjadi error pada saat program di-compile.
Pengujian dengan metode black box testing digunakan untuk menguji tiap modul yang terdapat dalam program web ini. Pengujian dilakukan dengan cara meng-input data pada program dan kemudian diproses apakah sesuai dengan spesifikasi rancangan yang diinginkan.
Setelah hasilnya sesuai, maka sistem ini juga dilengkapi dengan pengujian user acceptance test, yaitu pengujian yang dilakukan user untuk memastikan bahwa sistem layak dan dapat diterima user.
BAB V
KESIMPULAN
Setelah melakukan perancangan, pembuatan dan pengujian terhadap perancangan sistem penjulan online, maka didapat beberapa kesimpulan :
1. Perancangan sistem penjualan online ini dapat dijalankan dengan baik dan telah sesuai dengan rancangan.
2. Perancangan sistem penjualan online dapat berguna sebagai media pemasaran, penjualan produk dan pembuatan laporan penjualan dengan baik.
3. Perancangan sistem penjualan online ini dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memperoleh informasi produk terbaru serta dapat melakukan pemesanan produk secara online.
BAB VI
DAFTAR PUSTAKA
1. http://www.google.com/sisteminformasi
2. http://one.indoskripsi.com
3. http://www.pdf-search-engine.com/online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar